Kumpulan Tips Seputar Perawatan Bayi Baru Lahir



AnekaInfoSehat.com ~ Kehadiran seorang bayi adalah cita cita setiap pasangan suami istri. Kehadirannya akan menjadikan rumah semakin hidup, tangisanya yang semakin membuat kita rindu untuk selalu berada di sampingnya. Tetapi bunda, tidak hanya kelucuan, keimutan yang akan kita dapatkan dengan kehadirannya, melainkan kita juga harus ekstra hati-hati dalam merawatnya agar ia tetap sehat dan ceria.

Seorang bayi sangatlah lemah, badannya yang kecil belum bisa melakukan apapun tanpa bantuan orang tuanya. Maka dari itu, seorang bunda tentunya harus banyak belajar dan menggali ilmu sebanyak banyaknya dalam merawat bayi, mulai dari yang hal-hal sederana sampai hal yang rumit. Tetapi bunda tidak usah kawatir kalau-kalau tidak bisa merawat bayinya, karena segala sesuatu itu pasti ada prosesnya dan seiring waktu berjalan bunda akan semakin memahami dan menguasai ilmunya. Jadi semangat ya bunda (^_^)

Beberapa tips seputar perawatan bayi yang baru lahir diantaranya :
1. Mencuci rambut bayi
2. Membersihkan kelamin (penis/ vagina)
3. Merawat tali pusat, dll

Nah, mengingat hal tersebut, Anekainfosehat.com ingin berbagi ulasan mengenai 
"Tips Seputar Perawatan Bayi yang Baru Lahir". Berikut pemaparannya :

  • Tips Mencuci Rambut Bayi

  1. Peganglah kepala Si Kecil dengan erat-erat dan jaga supaya jangan sampai ada sabun atau shampoo masuk kedalam matanya.
  2. Pilihlah shampoo formula khusu yang lembut untuk Si Kecil yang tidak menyebabkan rasa pedih di mata.
  3. Apabila pada kulit kepala Si Kecil ada kerak-kerak yang menempel, bersihkan dengan mengosok-gosok kulit kepala Si Kecil menggunakan kapas yang sudah diberi Baby Oil, Hingga kerak yang menempel terlepas.
  4. Apabila Si Kecil sudah agak besar, gunakan topi khusus untuk cuci rambut, sehingga air yang bercampur shampoo tidak turun melewati kedua belah mata


  • Tips Membersihkan Kelamin

Alat kelamin bayi haruslah selalu terjaga kebersihannya. Alat kelamin harus di bersihkan setelah buang air besar atau buang air kecil. Dan lakukanlah dengan perlahan untuk mengurangi resiko ruam atau infeksi.

Membersikan Penis 
Hindari penggunaan tisu karena bisa menyebabkan lukan. Lebih baik gunakan kapas steril yang telah direndam dalam air hangat.
  • Usap daerah penis, sisi-sisinya, dan dibawah testikel dengan kapas basah. Lalu bersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya.
  • Bersihkan daerah anus dan perhatikan lipatan-lipatan di sekitarnya.
  • Cara membersihkannya dengan gerakan memutar ke arah bawah, menghadap jari kaki Si Kecil.


Membersikan Vagina
Karena letaknya berdekatan dengan lubang anus, membersihkan vagina harus lebih hati-hati.
  • Gunakan kapas steril yang telah direndam dalam air hangat. Angkat kaki bayi dengan memegangi pergelangan kakinya. usap daerah vagina dengan perlahan, tetapi cukup kuat, dari arah depan ke belakang. ini untuk mengurangi resiko berpindahnya kuman-kuman ke vagina.
  • Bersihkan bibir luar vagina, dan pastikan anda membersihkan daerah lipatan di daerah paha bagian atas. Jangan mencoba untuk membersihkan bagian dalam vagina. Membuka bibir vagina bisa menimbulkan infeksi.
  • keringkan dengan tisu yang lembut dan tidak mudah sobek atau kain bersih. Ambil tisu lagi dan bersihkan pula daerah pantat dan panggul. Biarkan beberapa saat agar kering.
  • Hindari pemakaian bedak. Pakaikan popok bersih sesudanya

  • Tips Merawat Tali Pusat
Tali pusat bayi menghubungkan plasenta dengan bayi pada daerah pusar. Tali pusat melekat dan akan dipotong pendek sesaat setelah bayi lahir. Pangkal tali pusat seharusnya kering dalam dua minggu. Tetapi beberapa bayi membutuhkan waktu lebih lama. Berikut tips merawat tali pusat :
  • Pastikan tetap kering. Sisa tali pusat akan lebih cepat kering dan sembuh jika sering terkena udara. Jangan menutupnya dengan popok atau plastik. Keringkan dengan benar jika tali pusat basah.
  • Pastikan kebersihannya. Gunakan kapas steril yang telah direndam dalam alkohol. Usapkan pada bagian pangkal tali pusat termasuk daerah sekitarnya dan lipatan-lipatan pusar dengan perlahan. Lakukan dua kali sehari.
  • Pastikan tidak infeksi. Adanya pendarahan ringan pada tali pusat tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi perhatikan dan waspadai jika kondisinya ada nanah atau keluar bau tidak sedap, segera hubungi dokter.
  • Pastikan popok tidak mengenai tali pusat.

Nah bunda, demikian Kumpulan Tips Seputar Perawatan Bayi Yang baru Lahir. semoga artikel diatas bisa menambah wawasan bunda dalam merawat Si Kecil agar tetap sehat dan ceria. Semangat ya bunda  (^_^)

Kunjungi Juga : Cara mengobati batuk pada bayi dengan Inggu dan tanya jawab seputar Imunisasi

Terimaksih atas kunjungannya, dapatkan informasi tentang kesehatan lainnya di website ini.

Kumpulan Tips Seputar Perawatan Bayi Baru Lahir

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top