5 Tips Perawatan Bayi Yang Baru Lahir


AnekaInfoSehat.Com ~ Kelahiran seorang bayi merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi pasangan muda, kehadirannya akan menjadikan suasana rumah menjadi lebih ramai dan menyenangkan. Tetapi bagi seorang pasangan muda haruslah tahu bagaimana merawat bayi yang baru lahir, supaya bayi tersebut sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

5 Tips Perawatan Bayi Yang Baru Lahir


Dalam merawat seorang bayi memang dibutuhkan sebuah ketelitian dan kesebaran, karena bayi tersebut belum bisa melakukan apapun tanpa bantuan orang tuanya. Mengingat begitu pentingnya sebuah wawasan mengenai "Perawatan Bayi Yang Baru Lahir" Aneka Info Sehat akan berbagi tips, untuk membantu memberi sebuah wawasan wawasan bagi pasangan muda yang baru saja dikaruniai seorang bayi.

Berikut Beberapa Tips Yang Wajib diperhatikan dalam "Perawatan Bayi Yang Baru Lahir"
  • Jaga kebersian bayi 
Bayi sangatlah rentan terserang penyakit, karena sistem imunnya masih lemah. Sehingga kebersihan pada bayi merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Sebaiknya sebelum memegang bayi cuci tangan terlebih dahulu, supaya bayi terhindar dari serangan kuman yang menempel pada tangan kita. 

  • Jaga keamanan bayi 

Selain menjaga kebersihannya, keamanan bayi tentu juga wajib diperhatikan pula. Misalnya saja saat menggendongnya, berhati hatilah saat memegang kepala dan leher bayi. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pasangan muda yaitu kurang hati hatinya dalam menggendong. Selain itu jangan pernah menguncang-guncang bayi saat membangunkan mereka karena dapat menyebabkan pendarahan di otak. Batasi juga tingkatan permainan kita bersama bayi. Jangan lakukan lempar tangkap atau menggoyang-goyang bayi di lutut karena hal itu berbahaya.


  • Memandikan bayi
Tubuh bayi, sangatlah sensitif, sehingga seorang pasangan muda harus memperhatikan cara memandikan bayi yang benar. 

Mandi akan membuat tubuh bayi terasa nyaman, hal tersebut akan membuat bayi bisa tidur lebih nyenyak. Maka dari itu, mandikan bayi secara rutin pagi dan sore menggunakan air yang hangat, dan apabila tali pusar nya belum tanggal, sebaiknya mandikan dengan menggunakan spons. Selain itu saat memandikan gunakan sabun dan sampo khusus bayi, karena kulit bayi yang masih sensitif


  • Mengganti popok
Bayi dalam sehari bisa berkemih lebih dari 10x, sehingga dibutuhkan kesabaran dalam mengganti popok. Terlalu lama tidak mengganti popok yang dalam kondisi basah bisa membuat kulit bayi iritasi. Bayi yang sejak kecil mengkonsumsi susu formula akan memiliki frekuensi berkemih lebih tinggi dibandingkan bayi yang menkonsumsi ASI


Selain berkemih, bayi yang baru lahir juga akan melakukan BAB setelah sehari atau dua hari kelahirannya.  Adapun kotoran bayi baru lahir yang baik berupa mekonium berwarna hitam. Mekonium sendiri terdiri dari lendir, cairan ketuban, dan segala sesuatu yang ditelan bayi saat berada di dalam janin.


  • Meminumi susu

Dalam sehari bayi bisa minum susu sampai 12 kali atau bakan lebih, kurang lebih setiap 2 jam sekali bayi minum ASI. Hal tersebut dikarenakan kapasitas perut bayi masih sangat kecil. Dalam menyusui bayi sebaiknya dengan posisi yang bergantian, selain anda merasa nyaman, bayi juga merasa nyaman.



Mungkin pada awalnya menyusui bayi akan terasa sulit, tetapi seiring berjalannya waktu, anda dan bayi anda akan menguasai proses menyusui ini.

Semoga 5 Tips mengenai "Perawatan Bayi Yang Baru Lahir" diatas bisa menambah wawasan bagi pasangan muda, agar lebih memahami dalam merawat banyinya dengan baik dan benar. 

Terimaksih atas kunjungannya, dapatkan informasi kesehatan lainnya di web AnekaInfoSehat.com 

5 Tips Perawatan Bayi Yang Baru Lahir

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top