8 Tips Agar Lancar Jalani Puasa


8 Tips Agar Lancar Jalani Puasa ~ Selamat datang di Blog AnekaInfoSehat.com, tempat berbagi informasi lengkap seputar kesehatan.

Sebentar lagi, bulan yang dinanti-nanti umat islam yaitu bulan Romadhon akan segera tiba, sebagian umat islam diwajibkan berpuasa/ menahan diri dari makan dan minum selama setengah hari. Hal tersebut tentunya harus dipersiapkan matang-matang, supaya saat menjalani puasa tidak ada permasalahan yang muncul (Bisa lancar saat menjalaninya). Ketika seseorang menjalani puasa dengan benar maka akan membuat badan semakin sehat, tetapi sebaliknya apabila saat menjalaninya tidak benar malah akan berdampak buruk pada kesehatan.

 8 Tips Agar Lancar Jalani Puasa



Mengingat begitu pentingnya dalam menjalani ibadah puasa, pada kesempatan kali ini blog AnekaInfoSehat, akan membagikan Informasi mengenai "8 Tips Agar Lancar Jalani Puasa", yang disampaikan oleh PAPDI(Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam)

Berikut Tips nya :

1. Batasi Komsumsi Kopi dan Teh Saat Sahur
Sudah menjadi kebiasaan, saat sahur tiba minuman yang dihidangkan biasanya yang hangat-hangat, seperti kopi atau teh, tetapi ternyata minuman kopi dan teh membuat metabolisme berjalan cepat, sehingga cepat mendatangkan rasa haus, walaupun tidak dehidrasi.

2. Konsumsi Makanan Yang Lambat Dicerna dan Memiliki Serat yang Tinggi
Contoh makanannya diantaranya: gandum, padi-padian, kacang-kacangan, nasi merah, biji-bijian.

3. Konsumsi Kurma Saat berbuka
Salah satu makanan yang selalu ada di bulan romadhon adalah buah kurma, tapi tahukah anda ternyata kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium yang mampu mengembalikan kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama berpuasa.

4. Konsumsi Pisang Saat berbuka
Pisang merupakan salah satu buah yang sangat bagus dikonsumsi diwaktu berbuka puasa, hal itu dikarenakan pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5. Kurangi Makan Gorengan Saat Berbuka
Gorengan memang merupakan makanan yang banyak peminatnya, selain gurih, renyah serta nikmat, tetapi tahukah anda ternyata mengkonsumsi gorengan saat berbuka dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh yang sangat bahaya apabila dikonsumsi oleh seseorang yang sudah diusia lanjut. Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit diantaranya : Jantung Kororen, Hipertensi

Baca Juga :

6. Kurangi makanan yang cepat dicerna
Makanan yang cepat dicerna, seperti gula bisa mendatangkan rasa haus ditengah anda menjalani puasa dengan cepat.

7. Konsumsi Jus dan Air Putih Setelah Buka dan Sebelum Sahur
Dengan mengkonsumsi jus dan air putih, harapannya mampu menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk memperlancar beraktivitas pagi harinya.

8. Kurangi Minum Es
Minuman Es, memang terasa menyegarkan, Apalagi dimimum saat dahaga (berbuka), tapi tahukah anda mengkonsumsi es akan memudakan anda merasa kenyang. Sehingga berdampak Asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun, karena tidak bisa masuk dalam tubuh

Demikian Informasi mengenai "8 Tips Agar Lancar Jalani Puasa". Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga diberi kelancaran, kesehatan, dan ke khusu-yu'an serta keiklasan dalam menjalaninya.

Terimakasih atas kunjungannya, dapatkan informasi lengkap seputar kesehatan lainnya di website ini

8 Tips Agar Lancar Jalani Puasa

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top