Cara Mudah Mengatasi Bayi Yang Mengalami Sembelit


Cara Mudah Mengatasi Bayi Yang Mengalami Sembelit ~ Bagi anda yang memiliki bayi yang baru mulai makan MPASI tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah sembelit. Ya, bayi pada tahap ini memang rentan mengalami sembelit. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan pada bayi yang belum sempurna, sehingga belum mampu mencerna makanan padat dengan sempurna. Hal tersebut akan menjadikan konsistensi tinja pada bayi menjadi keras. Tanda lain dari sembelit adalah bagian perut bawah keras dan juga sakit yang akan segera hilang setelah buang air besar. Sembelit bukanlah hal yang bisa disepelekan. Jika tidak segera diatasi maka menyebabkan tubuh bayi bisa terkena racun yang bersmber dari makanan yang tidak terbuang melalui proses metabolisme. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sembelit pada bayi, diantaranya :

Cara Mudah Mengatasi Bayi Yang Mengalami Sembelit
Perawat Bayi disaat Mengalami Sembelit (Foto:solusisehatku.com)

1. Melakukan pijat pada bayi
Gerakan pijatan bayi yang bisa mengatasi sembelit adalah pijatan ILU( I Love U) pada bagian perut. Gerakan ini dimulai dari dada kiri ke arah perut bawah (membentuk seperti huruf 'I'), yang dilakukan sebanyak enam kali. Untuk selanjutnya, gerakan pijatan membentuk seperti huruf 'L' terbalik, yaitu dari dada kanan ke dada kiri turun ke perut bawah kiri, dan gerakan ini dilakukan berulang selama enam kali. Gerakan Pemijatan Bayi yang terakhir, adalah gerakan pijatan menyerupai huruf 'U' terbalik, yang dimulai dari perut bawah sebelah kanan naik ke dada lalu ke arah perut bawah kiri. Gerakan pijat bayi seperti ini mengikuti alur kolon sehingga membantu mendorong kotoran ke anus. Dan apabila gerakan pemijatan tidak tidak mengikuti arah kolon atau tidak membentuk L terbalik, maka kotoran di dalam kolon bayi  justru bisa terdorong ke atas dan menyebabkan sembelit atau Bayi Sulit Buang Air Besar.anda dapat juga melakukan gerakan pijatan di bagian belakang tubuh bayi dari arah tulang ekor ke rektum. Selain membantu melancarkan pencernaan, Gerakan Pemijatan Bayi ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah bayi. Lakukanlah pijatan ini dengan sepenuh hati agar buah hati anda juga dapat merasakan ketulusan anda.

2. Menberikan makanan yang berserat pada bayi
bayi sembelit bisa juga dikarenakan makanan yang dikonsumsinya kurang mengandung serat. Maka kita harus memastikan makanan untuk bayi kita cukup seratnya. Kita bisa memberikan bubur sayuran, buah atau gandum utuh untuk membantu mempermudah sistem kerja pencernaan. Buah plum, apel, buah persik, pir, kacang polong, dan bayam adalah contoh maakanan yang bisa  mengobati sembelit secara alami pada bayi. Senyawa yang terkandung dalam makanan tersebut dapat melunakkan tinja dan mengatasi sembelit.

3. Perbanyak konsumsi air putih
Air putih dipercaya bisa meringankan gejala sembelit pada bayi. minum air putih memiliki peranan penting. Karena proses pengeluaran sisa pencernaan makanan dalam usus membutuhkan cairan agar usus dan lambung dapat melakukan gerakan peristaltik, yakni gerakan alami mengaduk dan bergelombang. Dan pada akhirnya keluar melalui saluran pembuangan (anus).

4. Minum obat pencahar alami
Obat pencahar alami yang dimaksud berasal dari buah plum. Anda cukup merendam buah plum dengan air panas dan biarkan semalaman. Minumkan satu sendok teh air rendaman buah plum tersebut tersebut ke bayi. Tapi jika anda susah mencari buah plum makan anda dapat menganti buah apel. Buah apel tersebut cukup anda cincang saja sebagai ganti buah plum dan lakukan cara yang sama dengan buah plum diatas. Semoga cara cara tersebut bermanfaat untuk anda.

 5. Minum obat herbal alami
Bunda, bayi yang sembelit bisa juga dikarenakan sedang mengalami masuk angin, sehingga untuk terapinya perlu diobati terlebih dahulu sakitnya, nah tips yang terakhir ini merupakan pengalaman saya sendiri : Waktu itu anak saya sudah satu mingguan lebih belum bab, setelah tahu karena anak saya mengalami masuk angin, maka saya meminum minuman jahe herbal pada malam harinya, kemudian saya minumi anak saya dengan Asi, Alhamdulillah paginya anak saya bab.

Semoga dengan 5 tips diatas, dapat membantu bunda dalam mengatasi sembelit yang mungkin saat ini sedang dialami si kecil. Semoga bermanfaat.

Dapatkan berbagai informasi kesehatan di website ini

Cara Mudah Mengatasi Bayi Yang Mengalami Sembelit

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top