Tahukah anda, Bahwa Tidur Terlalu Malam Mempunyai Efek Buruk Untuk Kesehatan Anda


Tahukah anda bahwa tidur terlalu malam mempunyai efek buruk untuk kesehatan anda. Ada sebuah lagu dangdut yang dinyanyikan oleh bang Roma yang mengatakan kalau begadang itu tidak baik untuk kesehatan. Memang hal itu benar karena jika kita terbiasa tidur terlalu malam akan mengakibatkan beberapa penyakit yang mengancam kita, diantaranya :
Kerja Terlau Larut Malam (Foto : jendelasuara.blogspot.com)

1. Diabetes mellitus
Seorang profesor dari london mengatakan bahwa salah satu yang mengontrol kadar gula darah adalah tidur. Orang yang tidur malamnya terganggu maka akan berdampak kontrol gula darahnya juga kurang bagus sehingga memicu gula darah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan  oleh Nature Genestics terhadap 20 ribu pekerja shift malam dan diberitakan oleh Daily Mail disimpulkan bahwa pekerja shift malam rentan terhadap penyakit diabetes dan penyakit jantung.

2. Kerusakan hati
Sebenarnya saat tidur pada malam hari ada proses pembuangan kotoran pada tubuh kita yaitu :
Pada pukul 21.00-23.00 terjadi proses pembuangan zat-zat tidak berguna atau menjadi beracun (de-toxin) dibagian sistem antibodi (kelenjar getah bening).

Pada pukul 23.00-01.00 terjadi proses de-toxin dibagian pada hati

Pada pukul 01.00-03.00 terjadi proses de-toxin dibagian empedu

Pada pukul 03.00-05.00 terjadi proses de-toxin ada dibagian paru-paru. Maka pada jam ini biasanya akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu itu. karena proses pembersihan de-toxin telah mencapai saluran pernafasan, maka tidak perlu untuk minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran. 

Semua proses de toxin diatas hanya bisa dilakukan dalam kondisi tenang atau tidur maka orang yang tidur terlalu larut akan mengacukan proses pembuangan zat-zat tak berguna tersebut sehingga akan terjadi kerusakan hati. 

Selain itu ada proses detoxin yang dilakukan pada saat kita bangun yaitu :
Pada pukul 05.00-07.00 terjadi proses de-toxin ada pada bagian usus besar, jadi pada jam ini kita harus melakukan buang air kecil maupun besar.

Pagi pukul 07.00-09.00 yaitu waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, maka pada jam ini kita harus selalu makan pada pagi hari.

Jika kita tidur terlalu malam maka akan berakibat bangun siang dan kedua proses detoxin diatas tidak akan berlangsung sempurna.


3. Melemahnya daya ingat
Sebuah penelitian di amerika dan prancis menyebutkan bahwa tidur cukup dapat membantu ingatan  jangka panjang seseorang. Orang yang kurang tidur maka akan berkurang kapasitas ingatan yang disimpan di otak.


4. Bertambahnya berat badan
Tidur terlalu malam akan mengakibatkan metabolisme lemak menjadi terganggu. Padahal Kebiasaan lain dari orang yang sering melakukan tidur larut malam adalah makan atau minum minuman manis. Hal ini tentu saja kan mengakibatkan kenaikan berat badan dengan cepat.


5. Melemahnya sistem imun
Pada saat tidur sebenarnya adalah waktu untuk tubuh kita memperbaiki dan memproduksi sel baru. Tapi jika kita tidur terlalu malam maka hal itu tidak akan terlaksana dengan baik sehingga tubuh kita tidak bisa bugar dan fit. 

Selain itu tidur terlalu larut malam juga akan merusak sel-sel darah putih. Padahal sel darah putih berguna untuk menetralisir berbagai bakteri dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika sel darah putih kita berkurang maka sistem pertahanan tubuh kita akan menjadi lemah, sehingga berbagai penyakit dengan mudahnya untuk masuk dan menyerang kesehatan Anda. 

Masih ada lagi hasil riset yang menyebutkan bahwa produksi sel darah merah terjadi mulai dari jam 23.00 yaitu pada saat Anda tertidur pulas.jika kita tidur terlalu larut maka produksi sel darah merah kita juga tidak maksimal sehingga kita akan menjadi lemas karena suplai darah kita yang kurang.

Tahukah anda, Bahwa Tidur Terlalu Malam Mempunyai Efek Buruk Untuk Kesehatan Anda

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top