Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi


Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Foto Kurang Konsentrasi (Source : alodokter.com)

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi ~ Dalam melakukan kegiatan yang sifatnya rutinitas, terkadang kita akan merasakan yang namanya kejenuhan. Kejenuhan akan membuat semangat kerja kitapun menurun, yang akhirnya berdampak pada, pekerjaan kantor yang belum selesai atau bakan pekerjaan rumah yang terbengkalai. Hal tersebut terjadi karena berkurangnya konsentrasi.
Kurangnya konsentrasi memang dapat mengganggu proses belajar maupun bekerja. Sehingga kita perlu  Memahami penyebabnya dan cara mengatasinya.
Berikut Beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang kurang konsentrasi, diantaranya adalah :
  • Kurang Tidur
Kurang tidur dapat menurunkan kemampuan dalam berkonsentrasi, kewaspadaan, dan gangguan mengingat kejadian yang terjadi sebelumnya. Tidur sangatlah penting, karena, tidur mempunyai peran besar dalam proses kognitif, yaitu proses belajar dan berpikir. Selain itu tidur juga berfungsi untuk menyatukan berbagai ingatan. Sehingga usahakan meluangkan waktu untuk tidur.
  • Mengerjakan tugas yang terlalu banyak secara bersamaan
Mengerjakan tugas yang terlalu banyak secara bersamaan dapat memecah konsentasi. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa dengan mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan akan dapat menyelesaikan tugas lebih banyak, tetapi sebenarnya hal tersebut justru memakan waktu lebih banyak dibanding menyelesaikan tugas satu per satu.
  • Terlalu banyak hal yang dipikirkan secara bersamaan
Terlalu banyak memikirkan suatu hal secara bersamaan, memungkinkan orang akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi pada suatu pekerjaan yang harus ia diselesaikan.
  • Mengkonsumsi Alkohol
Pecandu alkohol biasanya pada awalnya akan mengalami permasalahan dengan daya ingat jangka pendeknya, kemudian berlanjut ke daya ingat jangka panjangnya.

Berikut Tips Meningkatkan Konsentrasi

1. Pilahlah tugas yang akan dikerjakan secara bersama sama
2. Hindari mengerjakan sesuatu yang sulit secara bersama sama
3. Tidur yang cukup (bukan berlebihan)
4. Bila sedang mengalami bosan, sebaiknya selingi dengan melihat pemandangan alam sekitar atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang disenangi
5. Perhatikan asupan makanan, dan pastikan mengandung nutrisi yang seimbang, sayur dan buah buahan sangat bagus didalam meningkatkan konsentrasi.
6. Beri kesempatan otak untuk beristirahat sejenak, bisa dengan mendengarkan musik atau melakukan hobi yang disenangi.
7. Hindari mengkonsumsi minuman ber-alkohol
Demikian tips "Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi", semoga bermanfaat

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top