Boleh Tidak, Makan Mie Instan Saat Sedang Hamil


Boleh Tidak, Makan Mie Instan Saat Sedang Hamil

AnekaInfoSehat.com ~ Mie instan merupakan salah satu produk makanan yang sangat cepat perputaranya di supermarket, dalam sehari ratusan bungkus mie instan bisa habis diburu pembelinya. Hal tersebut dikarenakan mie instan memiliki rasa yang enak, bervariasi rasanya serta praktis dalam pembuatannya.

Banyak yang berpendapat mie instan bisa menjadi solusi untuk menghindari nasi yang dianggap menggemukkan. Tapi apakah pendapat itu benar? mari kita buktikan.

Satu bungkus Mie Instan berat nya sekitar 70 gram, ternyata mengandung sekitar 370 kalori atau 4x lebih banyak dibandingkan nasi, karena dengan berat yang sama nasi hanya mengandung sekitar 91 kalori.

Yang perlu diperhatikan adalah, apabila dalam penyajian mie instan tersebut dibarengi dengan telur, nasi, kornet atau keju. Maka yang terjadi adalah kandungan kalori yang dikonsumsi menjadi berlipat. Padalah dalam satu hari seorang laki-laki dewasa hanya membutuhkan sekitar 2200-2400 kalori, sedangkan perempuan dewasa hanya membutuhkan 1800-2000.

Efek yang ditimbulkan akibat tubuh yang sering mengkonsumsi kalori yang berlebihan salah satunya adalah Kegemukan (obesitas). Selain itu mie instan yang dilengkapi dengan kaldu instan, pada umumnya mengandung sodium yang cukup besar, yaitu 1.080 mg atau sekitar 45% kebutuhan manusia dalam sehari. Hal itulah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia apabila sering dikonsumsi, diantaranya dapat menyebabkan : diabetes, gagal jantung, tekanan darah tinggi, stroke yang semuanya merupakan penyakit yang mematikan.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan ternyata mie instan bukanlah solusi pengganti nasi untuk mencegah kegemukan, tetapi malah sebaliknya (pemicu kegemukan).

Terus, Boleh Tidak Makan Mie Instan Saat Sedang Hamil ?

Jawabannya, Boleh, tetapi seminggu sebaiknya dikonsumsi sekali saja dan tidak boleh dikonsumsi lebih dari tiga kali dalam seminggu. Apabila anda terpaksa mengkonsumsinya, saat sedang hamil, ada tips untuk mengurangi zat adiktif yang terkadung didalam mie instan, yaitu dengan merebusnya sebanyak 2x

Berikut Tips merebus mie instan, agar aman di konsumsi :

1. masukkan mie instan didalam air mendidih
2. angkat mie, dan buang air rebusan
3. kembali rebus mie tersebut dengan air baru yang dipanaskan
4. mie siap dikonsumsi (tambahkan sayur dan buah tomat) untuk melengkapi nutrisinya.

Demikia info kesehatan mengenai Mie Instan, semoga kita bisa lebih bijak dalam mengkonsumsinya. terimaksih atas kunjungannya. dapatkan informasi kesehatan lainnya di website ini.

Boleh Tidak, Makan Mie Instan Saat Sedang Hamil

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top